Sedapnya Mi So, Kuliner Khas Medan

  • Selasa, 22 Agustus 2017 14:45 WIB

Sedapnya Mi So Medan | Foto: Hanna Vivaldi

Medan di Sumatera Utara memang terkenal akan beragamnya jenis kuliner. Salah satu jenis kuliner yang sayang sekali jika dilewatkan adalah Mi Sop atau Mi So. Apakah teman-teman pernah mencicipi makanan khas ini?

Mi So Medan Berbeda dengan Miso Asal Jepang

Nama Mi So memang terdengar mirip dengan makanan asal Jepang, yaitu miso. Namun kedua jenis makanan ini sangat berbeda dan tidak ada hubungannya. Miso asal Jepang adalah makanan yang berupa hasil fermentasi rebusan kedelai, beras, dan garam. Nah, kalau Mi So dari Sumatera Utara adalah makanan yang berupa mi dengan kuah sop ayam yang nikmat sekali.

undefined
Foto: Hanna Vivaldi

Resep Nikmat Mi So Berasal dari Bumbunya

Rasa Mi So atau Mi Sop menjadi sedap dan nikmat terasa di lidah, karena menggunakan bumbu khas yang menghasilkan aroma wangi dan kuah yang gurih. Bumbu-bubmu yang digunakan di antaranya adalah bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit, palaga, daun salam, kulit manis, merica, kaldu, penyedap masakan, dan kaldu ayam atau sapi. Kalau untuk mi yang digunakan adalah bihun atau mi kuning, bisa dipilih sesuai dengan selera.

Cara Menghidangkan Mi So

Jika racikan kuahnya sudah matang, itu artinya sudah siap untuk dituang ke dalam mangkuk berisi bihun atau mi kuning tadi. Di atasnya dapat ditaburi dengan bawang goreng, irisan daging ayam, daun seledri, dan tidak ketinggalan kerupuk merah putih yang sering ditambahkan juga dalam makanan pecal.

Supaya rasanya lebih nikmat lagi, teman-teman bisa menambahkan kecap, atau bagi yang suka pedas bisa menambahkan saus sambal atau sambal giling. Sesuaikan saja dengan selera teman-teman. Aroma Mi So yang harum, dengan kuah yang gurih, sedap, dan hangat, sangat cocok disantapkan saat cuaca mendung atau pada sore dan malam hari.

Nah, jika teman-teman ingin mencobanya, sangat mudah ditemukan di Medan dan sekitarnya. Karena ada banyak penjual yang menjajakan Mi So, baik di warung makan atau pun pedagang yang menjualnya dengan gerobak.

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Janji Ayah

2 hari yang lalu

Ayah Pulang

3 hari yang lalu

Hadiah Ulang Tahun

9 jam yang lalu

Pesta Kurcaci Mimpi

1 hari yang lalu

Pelangi Nona Smith

1 hari yang lalu

MUST READ

Misteri Coretan Tio

6 jam yang lalu

Pahitnya Buah Maja

6 jam yang lalu

Hadiah Ulang Tahun

9 jam yang lalu

Cergam Bona: Robot

10 jam yang lalu

Bunga Lonceng Pangeran Genta

11 jam yang lalu

Festival Hana Matsuri

14 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×