Apa Penyebab Angin Puting Beliung? Yuk, Kenali Tandanya!

By Tyas Wening, Jumat, 7 Desember 2018 | 11:36 WIB
Ilustrasi angin puting beliung (MaxPixel)

Bobo.id - Saat musim pancaroba ini, biasanya banyak fenomena alam yang terjadi, nih, teman-teman, seperti hujan es dan angin kencang.

Angin kencang yang biasa terjadi pada saat musim pancaroba adalah puting beliung.

Kencangnya terjangan angin puting bahkan bisa membuat pohon-pohon tumbang dan benda-benda di sekitarnya beterbangan, lo!

O iya, pancaroba merupakan pergantian musim dari kemarau ke musim hujan disebut dengan pancaroba. Pancaroba ini ditandai dengan udara yang panas dan gerah kemudian disusul hujan.

Baca Juga : Apa Perbedaan Monera dan Protista? Cari Tahu Bedanya di Sini!

Menurut Kepala Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Hary Tirto Djatmiko dari laman Kompas.com, puting beliung adalah fenomena alam yang biasa terjadi, teman-teman.

Puting beliung terutama terjadi saat ada hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan juga angin kencang yang singkat.

Angin puting beliung ini tidak hanya terjadi di masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan saja, teman-teman, tapi juga dari musim hujan ke musim kemarau.

Sebelum angin puting beliung melanda, ternyata ada beberapa tanda yang menunjukkan akan ada angin puting beliung yang bertiup, lo.