Penyelaman ke The Great Blue Hole Dilakukan, Apa Isinya, ya?

By Tyas Wening, Selasa, 11 Desember 2018 | 11:07 WIB
The Great Blue Hole adalah sebuah lubang di tengah laut. (Creative Commons)

Bobo.id - Di sebuah negara kecil di Amerika Tengah yang bernama Belize ada sebuah lubang besar di tengah lautan yang bernama The Great Blue Hole.

Lubang besar ini dinamakan The Great Blue Hole sesuai dengan ukurannya yang sangat besar dan warnanya yang biru, teman-teman.

The Great Blue Hole ini memliki ukuran panjang mencapai 318 meter dan kedalaman 125 meter.

Situs ini pertama kali dijelajahi oleh seorang ahli biologi kelautan bernama Jaques Cousteau dan membuat dokumenternya pada tahun 1971.

Baca Juga : Di Antartika Tidak Ada Semut, Ini Fakta Seru Lain Seputar Salju

Lubang besar ini disebut oleh pak Cousteau sebagai salah satu dari lima situs menyelam terbaik di dunia, lo, dan sejak itu The Great Blue Hole menjadi ramai dikunjungi oleh para penyelam.

Walaupun banyak dikunjugi oleh para penyelam, tapi belum ada yang bisa menyelam sampai menyentuh bagian dasar The Great Blue Hole yang diperkirakan sudah terbentuk sejak akhir zaman Es ini.

Nah, akhirnya belum lama ini pendiri perusahaan Virgin Group, Richard Branson, mengajak cucu pak Jaques Cousteau, Fabien Cousteau dan para ahli lainnya untuk menyelam ke dalam lubang raksasa ini.

Sebenarnya, tim ini sudah berkali-kali menyelam ke The Great Blue Hole, lo. Namun baru kali ini mereka berhasil menyelam ke dasar laut.