Di Dasar Laut yang Gelap Ada Rumah Ekosistem Baru, di Mana Letaknya?

By Tyas Wening, Senin, 17 Desember 2018 | 17:35 WIB
Ventilasi hidrotermal di Meksiko (YouTube/ Schmidt Ocean Institute)

Bobo.id - Para ahli kelautan baru saja menemukan sebuah rumah yang dihuni oleh berbagai ekosistem baru, nih, teman-teman.

Rumah yang merupakan ventilasi hidrotermal ini ditemukan di bawah laut yang gelap dan dalam. Penghuninya kebanyakan spesies baru yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Ventilasi hidrotermal ini diberi nama Jaich Maa dan terletak di Lembah Pescadero di ujung selatan Teluk California, 3.800 meter di bawah permukaan laut.

Ventilasi hidrotermal mirip seperti retakan atau cerobong di dasar laut yang mengeluarkan panas akibat dari aktivitas bawah tanah, biasanya dari aktivitas gunung berapi.

Baca Juga : Amankah Membersihkan Tangan dengan Hand Sanitizer?

Retakan ini menyimpan banyak nutrisi untuk kehidupan dasar laut. Di ventilasi hidrotermal kita bisa menemukan banyak bakteri yang memakan energi kimia dari hidrogen sulfida.

Energi kimia ini kemudian dimuntahkan keluar dari ventilasi oleh bakteri tadi. Proses ini disebut dengan kemosintesis.

Nah, Jaich Maa yang baru ditemukan ini dianggap unik, karena mempunyai ketinggian sampai 25 meter dari dasar laut dan mempunyai cairan ventilasi pada suhu sampai 287 derajat celcius, lo.

Lokasi Jaich Maa ini memang tidak terlalu jauh dari daratan, tapi letaknya yang sangat dalam tidak memungkinkan manusia untuk bisa menyelam ke sana.