Gigitan T-Rex Setara dengan Tekanan yang Dihasilkan 2 Tumpuk Mobil, Apa Rahasianya?

By Tyas Wening, Selasa, 8 Januari 2019 | 16:42 WIB
T-rex ternyata tidak bisa menjulurkan lidah. (Pixabay)

Bobo.id - Tyrannosaurus rex atau yang biasa disebut T-Rex selalu digambarkan sebagai dinosaurus yang berbahaya karena sangat kuat dan memiliki gigitan yang juga berbahaya.

Selain itu, dalam film-film bertema dinosaurus, berbagai adegan juga menampilkan T-Rex bisa melemparkan objek yang digigitnya dengan menggunakan rahangnya.

Dari adegan yang diperlihatkan dalam film, sebenarnya sekuat apa, ya, gigitan yang dimiliki oleh T-Rex?

Ternyata T-Rex memiliki rahang yang sangat kuat, lo. Ia bahkan mampu menggigit dengan tekanan sampai 3.500 kilogram atau setara tekanan yang dihasilkan dua tumpuk mobil, lo!

Baca Juga : Ditemukan Jejak Kaki Dinosaurus Terkecil di Dunia, Ukurannya Hanya 1 Sentimeter

Selain itu, dengan fitur gigi yang dimilikinya, peneliti memperkirakan tekanan total dari gigtan T-Rex ini bisa mencapai 195.500 kilogram per incinya.

Hasil ini didapatkan dengan cara menciptakan model tiga dimensi atau 3D yang dapat memperkirakan kekuatan gigitan reptil.

Model ini diciptakan oleh Paul Gignac dan Grogory Erikson.

Sebelum membuat model 3D untuk replika tengkorak T-Rex, mereka lebih dahulu menguji model ini pada buaya dan dinilai berhasil.

Gigitan T-Rex yang kuat ini selalu meninggalkan lubang yang dalam dan bahkan dapat memotong tulang lawannya, nih, teman-teman.