Membaca Buku Bisa Pengaruhi Perilaku Sosial Kita, lo! #akubacaakutahu

By Tyas Wening, Rabu, 9 Januari 2019 | 18:15 WIB
Ilustrasi membaca buku bersama. (MaxPixel's contributors)

Bobo.id - Membaca buku adalah kegiatan yang berguna nih, teman-teman, karena dengan membaca, kita bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kingston University di Londong, Inggris, mengungkapkan kalau seseorang yang gemar membaca buku ternyata mempunyai perilaku dan hati yang baik, lo.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 123 orang peserta yang diuji berdasarkan kemampuan mereka bertoleransi pada perasaan orang lain dan juga perilaku menolong orang lain.

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa mereka yang hobi membaca buku ternyata memiliki sikap empati yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang suka menonton televisi.

Baca Juga : Ubi, Makanan Sehat yang Murah, Enak, dan Mengenyangkan

Selain itu, dari penelitian tersebut juga ditemukan hasil bahwa orang yang lebih sering menghabiskan waktu dengan menonton televisi memiliki sifat empati yang lebih rendah daripada orang yang hobi membaca buku.

Namun, hasil atau kesimpulan ini tidak berlaku bagi semua yang gemar membaca buku, lo, karena pilihan buku yang dibaca juga memengaruhi pembentukan karakter emosional kita.