Ada 3 Jenis Otot di Tubuh Manusia, Cari Tahu Apa Saja, yuk!

By Tyas Wening, Jumat, 11 Januari 2019 | 15:00 WIB
Berlari membutuhkan kerja otot (Pixabay)

Bobo.id - Dalam aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, kita selalu dibantu oleh sistem otot yang berada di dalam tubuh.

Contohnya adalah saat kita berjalan, makan, menulis, hingga mencerna makanan selalu dibantu oleh sistem otot kita, nih, teman-teman.

Sistem otot yang ada di tubuh kita terbentuk dari lebih dari 600 otot yang terbentuk dari sel-sel khusus yang disebut dengan serabut otot.

Nah, otot dalam tubuh kita ini melekat di tulang, organ dalam, bahkan pembuluh darah kita, lo. Setiap jenis otot ini memiliki fungsi tertentu.

Baca Juga : Ada Orang yang Merasa Takut Ditertawakan, Ini Tanda Gelotophobia

Cara kerja otot adalah dengan bergerak memperpanjang dan memperpendek ukurannya, menarik tendon, dan juga menggerakkan tulang lebih dekat satu sama lain.

Tendon yang ditarik oleh otot ini adalah sebuah pita elastis yang kuat dari jaringan ikat yang mengikat otot ke tulang.

Nah, kombinasi gerakan dari sendi, tulang, dan otot ini akan menghasilkan gerakan yang jelas seperti berjalan dan berlari.

O iya, gerakan-gerakan dalam tubuh kita tidak dihasilkan oleh satu otot yang sama, lo, karena ada 3 jenis otot yang dimiliki oleh tubuh manusia, yaitu otot polos, otot jantung, dan otot rangka.