Burung Gagak Bisa Mengetahui Berat Benda Hanya dari Gerakannya, Bagaimana Bisa?

By Tyas Wening, Jumat, 11 Januari 2019 | 17:26 WIB
Burung gagak. (Pixabay)

Bobo.id - Burung gagak selama ini sering dianggap sebagai burung hama karena sering memangsa hewan lain.

Padahal, burung gagak termasuk burung yang cerdas dan juga bisa, lo, teman-teman.

Sebelumnya, sebuah taman di Perancis sudah membuktikan hal ini dengan melatih burung gagak untuk mengambil sampah yang ada di taman tersebut.

Ide ini berasal dari penelitian yang menunjukkan kalau burung gagak punya sifat alami memilah dan memilih barang-barang yang ada di habitat mereka.

Baca Juga : Meski Suka Menyengat, Ubur-Ubur Juga Punya Manfaat bagi Tubuh Kita, lo!

Nah, belum lama ini, sebuah penelitian menunjukkan kalau gagak juga memiliki sebuah kemampuan yang sebelumnya hanya dimiliki manusia, nih teman-teman, yaitu mengetahui berat benda hanya dengan mengamatinya saja.

Kalau kita melihat sebuah benda, kita bisa tahu benda tersebut ringan atau berat hanya dengan melihat bagaimana benda tersebut bergerak atau tidak saat tertiup angin.

Seperti misalnya botol plastik kosong akan lebih mudah bergerak terbawa angin dibandingkan botol berisi air yang tidak akan bergerak saat angin bertiup.

Baca Juga : Inilah Burung Indah yang Tersebar di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Hal ini yang kemudian diuji oleh para peneliti kepada 12 ekor gagap Kaledonia Baru dengan melatih mereka untuk membedakan berat kedua buah benda, nih, teman-teman.

6 ekor gagak dilatih untuk memahami benda ringan, dan 6 ekor gagak lainnya dilatih untuk memahami benda berat, dan jika mereka bisa membedakan dengan benar, maka mereka akan mendapatkan penghargaan berupa makanan.