Serangan Hiu Meningkat dalam Beberapa Tahun Terakhir, Ini Sebabnya

By Tyas Wening, Senin, 4 Maret 2019 | 15:28 WIB
Hiu Banteng (Creative Commons - Albert kok)

Bobo.id - Selama ini, hiu sering digambarkan sebagai hewan laut yang berbahaya karena sering menyerang, menggigit, bahkan memangsa manusia.

Tapi tahukah teman-teman? Jumlah serangan hiu justru lebih sedikit jika dibandingkan dengan hewan lain yang menyerang atau menyebarkan penyakit pada manusia.

Ada 400 jenis hidup di dunia, sedangkan hiu yang dianggap berbahaya dan menyerang manusia diketahui hanya ada 10 jenis, lo.

Jumlah ini juga lebih kecil jika dibandingkan dengan kasus manusia yang meninggal karena diserang anjing rabies yang setiap tahunnya bisa mencapai jumlah 59.000 orang.

Baca Juga : Wah, Seekor Orca Berenang Mendekati Kamera Peneliti dan Memberi Ikan!

Selain itu, jumlah manusia yang diserang hiu juga sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah hiu yang diburu manusia, nih, teman-teman.

Setiap satu jam, ada lebih dari 11.000 hiu yang diburu manusia atau sekitar 100 juta hiu setiap tahunnya!

Kasus penyerangan yang dilakukan oleh hiu kepada manusia pun kebanyakan terjadi pada para peselancar dan orang yang sedang berenang di laut atau tepi pantai saja, lo.

Sebuah penelitian menyebutkan kalau dalam beberapa tahun terakhir, jumlah serangan hiu kepada manusia meningkat, nih, teman-teman.

Wah, apa yang menyebabkan jumlah ini meningkat, ya?