1 April Merupakan Hari April Mop, Lihat Tradisi April Mop di Berbagai Negara, yuk!

By Tyas Wening, Senin, 1 April 2019 | 19:00 WIB
Ada berbagai tradisi April Mop di banyak negara (Pixabay)

Bobo.id - Siapa yang hari ini sudah mendengar ada orang menyebutkan "April Mop!", atau justru teman-teman yang menyerukan kalimat tersebut?

Tanggal 1 April memang dianggap sebagai April Mop atau dalam bahasa Inggris disebut sebagal April Fool's Day.

Setiap hari April Mop ini, banyak dirayakan dengan membuat lelucon atau bercanda untuk orang lain, seperti teman hingga keluarganya.

Beberapa ahli sejarah mengatakan kalau April Mop sudah berusia tua, nih, teman-teman, yaitu sejak abad ke-16 atau diperkirakan pertama kali dirayakan pada tahun 1582.

Baca Juga : Setiap Warna Punya Makna yang Berbeda di Berbagai Negara, lo! #AkuBacaAkuTahu (Bagian 2)

April Mop diperkirakan berasal dari Prancis yang mengubah kalender Julian yang tahun barunya dimulai saat musim semi, yaitu akhir bulan Maret atau awal April.

Penggunaan kalender Julian kemudian diubah menjadi kalender Gregorian yang kita gunakan saat ini, di mana tahun baru dirayakan pada 1 Januari.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui kabar penggantian kalender Julian ke kalender Gregorian ini, sehingga masih ada yang merayakan tahun baru mengikuti kalender Julian.

Nah, orang-orang yang masih merayakan tahun baru mengikuti kalender Julian disebut sebagai April Fools atau poisson d'avril yang berarti ikan April. Ini menunjukkan bahwa mereka adalah orang yang mudah tertipu.