Beberapa Tempat Ini Bisa Didatangi Saat Berkunjung ke Mars, lo!

By Tyas Wening, Kamis, 4 April 2019 | 17:49 WIB
Medusae Fossae (ESA)

Bobo.id - Melalui misi yang dijalankan oleh berbagai robot penjelajah, kita bisa mengetahui bahwa Mars memiliki berbagai keunikan alam.

Ada gunung berapi tertinggi di tata surya, sampai lapisan es yang tidak pernah meleleh di kutub selatan planet Mars.

Wah, berbagai tempat tersebut pasti menarik untuk dikunjungi jika ada perjalanan wisata ke planet yang dijuluki planet merah ini.

Selain beberapa gunung berapi yang bisa dikunjungi dan didaki, masih ada beberapa tempat di Mars yang menarik juga, lo, salah satunya bukit hantu.

Baca Juga : Di Planet Mars Ada Kawah yang Dipenuhi dengan Es yang Tidak Meleleh!

Valles Marineris

Selain terdapat gunung berapi terbesar di tata surya, Mars juga memiliki ngarai atau jurang terbesar bernama Valles Marineris, teman-teman.

Ngarai Valles Marineris memiliki panjang sekitar 3.000 kilometer, yang berarti mempunyai panjang empat kali Grand Canyon yang panjangnya kurang lebih 800 kilometer.

Sampai saat ini, peneliti belum menemukan sebab pasti Valles Marineris terbentuk. Namun salah satu kemungkinannya adalah ngarai ini terbentuk sebagai akibat dari pembentukan wilayah Tharsis.

Lava yang bergerak dari gunung berapi di wilayah Tharsis mendorong kerak ke bagian atas dan memecah kerak hingga patah di daerah lain yang kemudian tumbuh menjadi Valles Marineris.