Wah, di Malaysia Ada Pohon Tropis Tertinggi di Dunia! Berapa Tingginya?

By Tyas Wening, Senin, 8 April 2019 | 16:14 WIB
Menara, pohon tropis tertinggi di dunia (Unding Jami)

Bobo.id - Banyak rekor yang sudah dipecahkan oleh manusia, nih, teman-teman. Seperti Yuri Gagarin, yaitu manusia pertama yang pergi ke ruang angkasa atau Neil Amstrong, astronaut pertama yang berhasil menginjakkan kaki di bulan.

Selain manusia, ternyata pohon juga bisa memecahkan rekor, lo, teman-teman. Ada pohon tertua yang berusia 1.230 tahun di Eropa.

Selain pohon tertua, ada juga sebatang pohon tropis yang berhasil memecahkan rekor sebagai pohon tropis tertinggi di dunia, nih.

Pohon yang berhasil memecahkan rekor sebagai pohon tropis tertinggi ini diberi nama Menara dan terletak di hutan hujan Sabah, Malaysia.

Wah, berapa tinggi Menara hingga berhasil memecahkan rekor dan menjadi pohon tertinggi di dunia, ya?

Baca Juga : Gawat! Pohon-Pohon Apel di Amerika Serikat Meranggas Secara Misterius

Pohon Tropis Tertinggi di Dunia

Sebatang pohon di hutan hujan Sabah, Malaysia belum lama ini tercatat sebagai pohon tertinggi di dunia, nih, teman-teman.

Pohon tropis tersebut bernama Menara dan merupakan anggota dari spesies Meranti Kuning atau Shorea faguetiana.

Selain menjadi pohon tropis tertinggi, Menara juga menjadi pohon berbunga tertinggi di dunia, lo.

Setelah dilakukan pengukuran dengan beberapa teknik, diketahui kalau Menara mempunyai tinggi sampai dengan 100,8 meter, nih, teman-teman!

Jika dibandingkan dengan lapangan sepakbola, tinggi Menara lebih dari panjang minimum lapangan sepakbola, yaitu 100 meter, lo.