Anak Anjing Mudah Dilatih, Apakah Anjing Dewasa Juga Bisa Dilatih?

By Tyas Wening, Senin, 15 April 2019 | 11:39 WIB
Anjing sedang berlari. (Pixabay)

Bobo.id - Teman-teman pasti tahu, kan, kalau ada beberapa jenis anjing yang bisa membantu berbagai pekerjaan yang dilakukan manusia.

Misalnya saja membantu polisi menemukan barang-barang tertentu, menemukan korban jiwa akibat bencana alam, hingga menjadi service dog yang bisa membantu pemiliknya melakukan berbagai hal.

Agar bisa melakukan berbagai hal tadi, anjing akan dilatih sejak kecil untuk memahami perintah-perintah yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas.

Anjing-anjing yang akan bertugas membantu manusia dilatih sejak kecil agar anak anjing lebih mudah memahami dan menjalankan latihan yang diberikan.

Jika anjing yang dilatih selalu anjing yang masih anak-anak atau berusia muda, lalu apakah anjing yang sudah dewasa tidak bisa lagi dilatih perintah atau hal-hal baru?

Baca Juga : Setelah 140 Tahun Menghilang, Serigala Kembali Terlihat di Belanda

Anjing Dewasa Juga Bisa Dilatih

Banyak orang yang menganggap kalau anak anjing akan lebih mudah dilatih berbagai perintah baru dibandingkan anjing dewasa.

Seperti melatih anjing untuk duduk, buang air di tempat yang sudah disediakan, atau mengambil barang-barang tertentu.

Anak anjing dianggap lebih mudah dilatih karena mereka masih dalam tahap belajar dan jika memiliki kebiasaan buruk, seperti buang air sembarangan, akan mudah diubah karena anak anjing belum melakukan kebiasaan buruk untuk waktu yang lama.