Hewan Apa yang Bisa Menahan Napas Paling Lama di Dalam Air?

By Tyas Wening, Selasa, 30 April 2019 | 14:30 WIB
Penyu laut (MaxPixel's contributors)

Bobo.id - Di dalam laut, ada berbagai hewan laut, seperti ikan maupun mamalia yang bernapas dengan dua sistem pernapasan yang berbeda.

Ikan bernapas dengan insang yang akan menyaring oksigen dari air yang dihirupnya melalui insang, sedangkan mamalia laut seperti lumba-lumba dan paus bernapas dengan paru-paru, sama seperti manusia.

Nah, karena tidak bisa menyaring oksigen dari air seperti yang dilakukan ikan, maka hewan laut yang bernapas dengan paru-paru harus sering muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen, lalu kembali lagi berenang di bawah air.

Sama seperti manusia saat sedang berenang, hewan laut yang bernapas dengan paru-paru juga mengeluarkan oksigen secara sedikit demi sedikit dan menahan napas di dalam air, lo.

Baca Juga : Ada Hiu yang Harus Terus Bergerak untuk Bernapas, Bagaimana Ia Tidur?

Penyu Bisa Menahan Napas Sekitar 40 Menit

Dalam satu kali penyelaman yang dilakukan oleh penyu untuk mencari makan, biasanya penyu bisa menahan napas sampai dengan sekitar 40 menit, teman-teman.

Namun kemampuan menahan napas yang dimiliki oleh penyu bisa berbeda-beda, lo, tergantung pada tingkat aktivitas yang dilakukan.

Saat menyelam untuk mencari makan, penyu hanya bisa menahan napas selama 45 menit.

Selain itu, biasanya setelah empat sampai lima menit menyelam, penyu akan berenang ke permukaan selama beberapa detik.