Coba Perhatikan, Anjing Menunjukkan Rasa Sayang pada Pemiliknya dengan Cara Ini, lo!

By Tyas Wening, Sabtu, 22 Juni 2019 | 18:33 WIB
Anjing punya berbagai cara menunjukkan rasa sayang ke pemiliknya (iStockphoto/LightFieldStudios)

Bobo.id - Kita punya berbagai cara yang berbeda dalam menunjukkan rasa sayang ke hewan peliharaan di rumah maupun hewan yang ada di sekitar rumah.

Caranya bisa dengan memberi makan, mengelus-elus bulunya, memandikan, mengajak jalan-jalan, bahkan membawanya ke dokter agar hewan peliharaan jadi lebih sehat juga salah satu bentuk kasih sayang, lo, teman-teman.

Selain kita yang bisa menunjukkan kasih sayang ke hewan peliharaan, seperti anjing, ternyata hewan peliharaan juga bisa menunjukkan kasih sayang kepada pemiliknya.

Kalau anjing peliharaan teman-teman di rumah menunjukkan empat tanda ini, bisa jadi mereka sedang menunjukkan kasih sayangnya kepada kita, lo.

Apa saja, ya, tanda yang dibuat oleh anjing peliharaan di rumah saat menunjukkan kasih sayangnya pada kita?

Baca Juga: Dikenal Bisa Mendarat Dari Ketinggian, Ada Kucing yang Selamat Meski Jatuh dari Lantai 32

Menatap Mata Pemiliknya

Saat sedang bermain dengan anjing di rumah, apakah pernah mereka menatap mata teman-teman?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Azabu di Jepang menyatakan kalau anjing akan menatap mata pemiliknya untuk membangun ikatan yang lebih kuat, nih.

Tatapan mata yang dilakukan oleh anjing tepat ke mata pemiliknya ternyata bisa meningkatkan hormon bernama oksitosin. Hormon ini berperan membangun ikatan sosial.

Oksitosin ini ternyata tidak hanya dimiliki anjing, lo, tapi juga dimiliki oleh manusia.

Cara berkomunikasi ini bisa dibangun saat proses domestikasi atau penjinakan anjing menjadi hewan peliharaan yang membuat hubungan anjing dengan pemiliknya semakin dekat.