Gigi Kekuningan Ternyata Lebih Kuat dari Gigi Putih Susu, Apa Sebabnya?

By Tyas Wening, Senin, 5 Agustus 2019 | 16:30 WIB
Gigi anak (Pixabay)

Bobo.id - Coba teman-teman perhatikan kemasan pasta gigi yang ada di rumah atau yang biasa digunakan saat menyikat gigi.

Pada kemasan pasta gigi, banyak yang menuliskan kalau menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi itu, maka bisa memutihkan gigi.

Banyak yang menganggap kalau menyikat gigi menggunakan pasta gigi pemutih, maka akan membuat gigi kita yang tadinya berwarna kekuningan menjadi putih bersih seperti susu.

Ternyata warna alami gigi manusia bukanlah putih susu, melainkan agak kekuningan, lo. Selain itu, gigi yang berwarna kekuningan juga lebih kuat dibandingkan gigi yang berwarna putih susu karena proses pemutihan menggunakan bahan kimia.

Baca Juga: Agar Kebutuhan Serat Terpenuhi, Lakukan 3 Hal Mudah ini, yuk!

Secara Alami, Gigi Manusia Berwarna Kekuningan

Gigi yang berwarna kuning memang membuat kita kurang percaya diri, teman-teman, karena gigi dianggap tidak bersih dan kita kurang menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi.

Itulah sebabnya banyak yang menganggap kalau gigi putih bersih seperti susu adalah gigi yang baik dan bersih.

Namun tenang saja, teman-teman, ternyata gigi manusia secara alami tidak berwarna putih seperti susu, kok, melainkan putih kekuningan.

Hal ini disebabkan karena lapisan gigi, yaitu enamel berwarna putih kebiruan, sedangkan lapisan dentin yang ada di bawahnya secara alami berwarna kuning.