Warna Asli Gigi Adalah Kekuningan, Apakah Pasta Gigi Pemutih Bisa Membuat Gigi Lebih Putih?

By Tyas Wening, Rabu, 14 Agustus 2019 | 11:49 WIB
Ilustrasi pasta gigi (Freepik)

Bobo.id - Teman-teman pasti ingin punya gigi yang terlihat putih dan bersih, kan? Gigi yang berwarna kuning banyak dianggap sebagai gigi yang tidak bersih, nih, teman-teman.

Hal ini menyebabkan banyak produk pasta gigi yang mengandung pemutih untuk memutihkan gigi.

Tahukah teman-teman? Gigi manusia sebenarnya secara alami berwarna kekuningan, lo. Sehingga gigi yang berwarna seputih susu atau kertas sebenarnya disebabkan oleh berbagai proses dengan bahan kimia.

Sayangnya, bahan kimia yang digunakan untuk memutihkan gigi bisa menyebabkan gigi menjadi lebih rapuh.

Penjelasan mengenai warna alami gigi manusia bisa teman-teman baca di artikel terkait di bawah ini, lo!

Baca Juga: Gigi Kekuningan Ternyata Lebih Kuat dari Gigi Putih Susu, Apa Sebabnya?

Pasta Gigi dengan Zat Pemutih

Coba teman-teman perhatikan pasta gigi yang digunakan oleh keluarga teman-teman di rumah. Apakah pada kemasannya tertulis bisa memutihkan gigi setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu?

Sebenarnya, semua pasta gigi yang dijual bisa membantu mengangkat noda di gigi, kok, teman-teman. Baik itu karena makanan tertentu, mengonsumsi teh, atau minuman berwarna lainnya.

Hal ini disebabkan karena adanya berbagai kandungan zat abrasif dalam pasta gigi, seperti alumina, silika, kalsium karbonat, dan kalsium fosfat.

Namun pasta gigi pemutih punya kandungan yang zat abrasif atau pengikis yang lebih kuat sehingga bisa lebih efektif dalam menghilangkan noda dibandingkan pasta gigi biasa.

Baca Juga: Sering Dialami Banyak Orang, Kenapa Kita Bisa Mengalami Sakit Kepala?