5 Bahan Alami di Rumah Ini Bisa Membantu Redakan Eksim, Apa Saja?

By Avisena Ashari, Minggu, 22 September 2019 | 15:48 WIB
Ilustrasi madu (pixabay.com)

Bobo.id - Di antara teman-teman, mungkin ada yang mengalami kondisi kulit eksim.

Eksim adalah penyakit kulit yang umum terjadi pada balita dan anak-anak. Tapi ada juga orang dewasa yang mengalami eksim.

Karena merupakan kondisi kulit yang kronis atau berlangsung dalam waktu lama, eksim bisa sesekali kambuh, nih.

Saat kambuh, seseorang dengan kondiesi eksim akan merasa bagian kulitnya yang ruam atau kering terasa gatal, berbintik, bersisik, menebal, dan menyebabkan luka.

Jika kamu memiliki kondisi ini, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu meredakan rasa gatalnya saat eksim kambuh, teman-teman.Yuk, cari tahu bahan alami yang bisa kamu oleskan pada bagian kulit yang mengalami eksim!1. Madu

Madu (Pixabay)
Madu memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan yang berguna untuk menyembuhkan luka dan membantu melawan infeksi pada kulit, teman-teman.Sifat madu itu menjadikan madu sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit kulit, seperti  mengatasi luka bakar ataupun eksim.Madu dapat meredakan gejala eksim dengan cara mencegah infeksi dan membantu melembabkan kulit, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan gejala eksim.Kita cukup mengoleskan sedikit madu pada area kulit yang terkena eksim dan mendiamkannya selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air, teman-teman.

Baca Juga: Bukan Hanya Madu, Lebah Juga Membuat Propolis, Apa Itu Propolis?