Coba Forest dan 2 Aplikasi Lain yang Bisa Bantu Fokus Belajar, yuk!

By Avisena Ashari, Jumat, 15 November 2019 | 19:30 WIB
Ilustrasi belajar. (Ode/Majalah Bobo)

Bobo.id – Siapa di antara teman-teman yang sulit merasa fokus?

Saat belajar misalnya, kita harus fokus untuk melakukan sesuatu yang kita pelajari, seperti membaca, menulis, atau mempraktikkan sesuatu.

Kadang-kadang, kita tidak fokus karena pikiran kita teralihkan oleh hal-hal di sekitar kita, salah satunya bermain smartphone.

Ada beberapa aplikasi ponsel yang bisa membantumu melatih fokus saat belajar, teman-teman. Coba, yuk!

1. Forest

Aplikasi Forest ini merupakan aplikasi timer atau pengatur waktu yang bisa membantu kita fokus saat belajar atau melakukan sesuatu.

Saat kita ingin fokus belajar, kita bisa menggunakan aplikasi Forest ini. Dalam aplikasi itu, nantinya kita akan “menanam” bibit yang lama-kelamaan menjadi pohon.

Nah, jika kita tidak fokus dan teralihkan dengan membuka aplikasi lain pada ponsel, pohon yang kita tanam akan layu.

Aplikasi ini bisa membuat kita tidak teralih, lebih fokus, dan jadi tidak menunda-nunda melakukan sesuatu. Dengan begitu, kita jadi bisa memanfaatkan waktu dengan lebih baik untuk belajar atau melakukan aktivitas lainnya.

Serunya, semakin kita sering menggunakan aplikasi ini, kita akan mendapatkan hadiah spesies tumbuhan baru dan lama-kelamaan semakin banyak pohon yang kita “tanam” di aplikasi itu.

Aplikasi ini juga menjadi aplikasi terbaik Google Play pada 2015 dan 2016, dan aplikasi pilihan editor untuk kategori aplikasi produktif pada 2018.

Baca Juga: Gramedia Science Day 2019, Kompetisi Seru Sambil Belajar Science

Aplikasi Forest membantu kita fokus belajar (Seekrtech/Google Play)