Sempat Terancam Punah, Ketahui Fakta Menarik Serigala Abu-Abu, yuk!

By Tyas Wening, Minggu, 8 Desember 2019 | 11:30 WIB
Serigala abu-abu (Pixnio)

Bobo.id - Serigala merupakan hewan yang menghuni wilayah Eropa, Asia, Amerika Utara, bahkan hingga Afrika.

Serigala atau Canis lupus disebut juga sebagai serigala abu-abu dan termasuk dalam spesies Canis.

Canis yaitu spesies hewan seperti serigala maupun coyote, yang memiliki ukuran tubuh sedang hingga besar, tengkorak yang besar dan berkembang dengan baik, tungkai kaki yang panjang, dan ekor yang cukup pendek.

Nah, serigala termasuk dalam spesies canis karena kebiasaannya dalam mencari makan, yaitu berburu dan memiliki taring yang panjang.

Baca Juga: Saat Kita Tidur, Hewan-Hewan Nokturnal Ini Justru Baru Bangun

Serigala Abu-Abu Termasuk dalam Hewan Terancam Punah

Meskipun serigala menghuni hampir seluruh benua di Bumi, saat ini serigala abu-abu justru menjadi hewan yang terancam punah.

Populasi serigala di seluru dunia saat ini diperkirakan mencapai 300.000 individu yang tersebar di berbagai benua.

Status serigala yang terancam punah ini disebabkan karena perburuan yang sudah dilakukan manusia sejak puluhan tahun lalu, nih.

Serigala dianggap sebagai hewan buas yang merugikan, terutama bagi para peternak hewan, karena serigala akan menjadikan hewan ternak itu menjadi santapannya.

Baca Juga: Benarkah Ular Kobra Bisa Dihipnotis dengan Memainkan Musik? #AkuBacaAkuTahu

Salah satu contohnya adalah serigala yang ada di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat diketahui dengaja diberikan infeksi penyakit tertentu untuk mengurangi populasinya.

Hal ini ternyata menimbulkan dampak, yaitu punahnya serigala di Taman Nasional Yellowstone pada 1926 dan meningkatnya populasi rusa.