Kawasan Gunung Bromo Akan Bebas Kendaraan Selama 1 Bulan, Kenapa, ya?

By Avisena Ashari, Minggu, 12 Januari 2020 | 14:58 WIB
Wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Wilisantoso/Wikimedia Commons)

Bobo.id – Apakah akhir bulan ini kamu berencana mengunjungi kawasan wisata Gunung Bromo?

Mulai dari ahir bulan Januari, ada imbauan untuk wisatawan di Gunung Bromo, nih, yaitu imbauan untuk tidak menggunakan kendaraan.

Wah, memangnya ada apa, ya?

Baca Juga: Gunung Ini Dianggap Gunung Api Purba, Apa Maksudnya?

Car Free Month di Kawasan Gunung Bromo

Selama satu bulan, pengunjung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru diminta tidak menggunakan kendaraan bermotor di Lautan Pasir Bromo dan Padang Savana Bromo.

Rupanya, mulai 24 Januari – 24 Februari 2020, sedang diterapkan Bulan Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Month di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Bapak John Kenedie, Car Free Month dilaksanakan untuk menghormati Wulan Kepitu yang diperingati oleh Masyarakat Tengger.

Sehingga, pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menerapkan Car Free Month untuk menghormati tradisi masyarakat Tengger itu.

Nah, karenanya jika teman-teman berencana mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada tanggal 24 Januari – 24 Februari 2020, hanya diperbolehkan masuk kawasan kaldera dengan berjalan kaki, sepeda, atau mengendarai kuda.

Bulan bebas kendaraan ini adalah salah satu cara menjaga dan menghormati adat budaya atau kearifan lokal masyarakat Tengger.

Selain itu, bulan bebas kendaraan juga dilakukan untuk memulihkan ekosistem kawan Bromo dan sekitarnya.