Seekor Salamander Ditemukan Tidak Bergerak Selama 7 Tahun, Bagaimana Caranya Makan?

By Tyas Wening, Minggu, 9 Februari 2020 | 12:00 WIB
Salamander olm yang ditemukan tidak bergerak selama tujuh tahun (Javier Abalaos via IGN)

Bobo.id - Melalui pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan salamander yang tidak bergerak dari tempatnya selama sekitar tujuh tahun.

Selama ini, salamander diketahui merupakan amfibi yang berumur panjang dan punya kemampuan untuk memperbarui bagian tubuhnya yang terluka.

Namun dengan hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti kali ini, diketahui keunikan lain dari salamander.

Wah, bagaimana peneliti bisa mengetahui ada salamander yang tidak bergerak selama bertahun-tahun, ya? Selain itu, apa yang menyebabkan salamander bisa tidak bergerak selama bertahun-tahun?

Baca Juga: Salamander Raksasa, Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Peneliti Melakukan Pengamatan Selama Delapan Tahun pada Salamander

Hasil penelitian mengenai salamander ini didapatkan dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti yang direncanakan berlangsung selama delapan tahun.

Peneliti mengamati 19 ekor salamander olm di dalam gua bawah laut yang ada di Herzegovina, wilayah yang berada di sebelah selatan Bosnia-Hezegovina.

Untuk bisa mengetahui salamander yang ditelitinya, peneliti menggunakan teknik tangkap-tandai-tangkap, sehingga peneliti bisa mengetahui salamander yang sedang ditelitinya.

Dari penelitian ini, didapatkan hasil kalau sebagian besar salamander hanya bergerak sedikit saja, sedangkan ada satu salamander yang bahkan tidak bergerak selama lebih dari tujuh tahun.