Sering Diabaikan, Ini Cara Merawat Telinga yang Harus Diperhatikan, Sudah Melakukannya?

By Avisena Ashari, Kamis, 26 Maret 2020 | 12:00 WIB
Ilustrasi anak memakai headphone (Photo by Alireza Attari on Unsplash)

 

Bobo.id – Bagian tubuh apa saja yang sering teman-teman rawat? Mungkin ada yang rajin memotong kuku, membersihkan rambut, dan menjaga kesehatan mata.

Bagaimana dengan kedua telinga? Apakah kamu sudah menjaga kesehatan telinga dengan baik?

Bukan hanya dibersihkan, kesehatan telinga juga penting dijaga karena telinga adalah alat pendengaran kita, teman-teman.

Apa saja yang harus diperhatikan untuk merawat telinga dan pendengaran kita, ya?

Perhatikan Volume Suara yang Kamu Dengarkan

Siapa di antara teman-teman yang suka mendengarkan musik atau video menggunakan earphone dengan volume yang tinggi?

Sebaiknya jangan lakukan lagi, ya. Sebabnya, volume suara yang terlalu keras bisa berisiko menganggu kemampuan pendengaran.

Menurut badan kesehatan dunia WHO, sebaiknya kita membatasi waktu mendengarkan suara menggunakan earphone atau headphone, dengan volume yang tidak lebih dari 60 persen.

Kemudian lebih baik gunakan noise cancelling earphone atau headphone supaya kita tidak menaikkan volume suara yang didenagrkan.

Bahkan, bukan hanya menggunakan earphone, terlalu sering terpapar suara keras juga bisa menganggu tulang pendengaran dan berisiko menyebabkan seseorang kehilangan kemampuan mendengar.

Karenanya, jika berada di tempat dengan suara keras, kita disarankan menggunakan alat pelindung seperti ear buds, saat berada di tempat seperti konser musik atau perayaan kembang api, agar suara tidak terlalu keras.

Baca Juga: Apa yang Terjadi di Telinga Kita Saat Memakai Earphone? #AkuBacaAkuTahu