Kisah 8 Pulau Terluar Indonesia dalam Ekspedisi Manggala, Cari Tahu Kekayaan Indonesia di Sana, yuk!

By Avisena Ashari, Rabu, 17 Juni 2020 | 09:32 WIB
Salah satu dari delapan pulau terluar Indonesia dalam ekspedisi manggala (Kanal Youtube LIPI)

Bobo.id – Apakah teman-teman hari ini menonton tayangan Belajar dari Rumah di TVRI?

Yap, memasuki masa liburan sekolah,  program Belajar dari Rumah di TVRI menyajikan tayangan edukatif sekaligus menghibur, lo

Nah, pada hari Rabu, 17 Juni 2020, ada salah satu tayangan menarik yang berjudul Ekspedisi Manggala: Kisah 8 Pulau Terluar.

Film Eskspedisi Manggala: Kisah 8 Pulau Terluar merupakan film dokumenter yang dibuat saat para peneliti dari Pusat Penelitian Oseanografi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan riset.

Melalui film dokumenter Ekspedisi Manggala: Kisah 8 Pulau Terluar itu, kita jadi tahu apa saja yang ditemukan peneliti kelautan di pulau-pulau terluar, lo!

Penelitian di 8 Pulau Terluar Indonesia

Tahukah teman-teman? Pulau terluar di Indonesia ada banyak sekali jumlahnya, lo!

Negara kita punya wilayah laut yang sangat luas dengan 10 perbatasan laut. Di seluruh Indonesia, ada 111 pulau terluar yang tersebar di penjuru nusantara.

Pulau terluar memiliki peran penting, yaitu menjadi penanda kedaulatan negara, hingga menyediakan ekosistem alam yang produktif dan menunjang sector pangan, perikanan, dan wisata.

Salah satu wilayah perbatasan laut Indonesia adalah perbatasan dengan Samudra Pasifik, di Indonesia Timur.

Di sana, ada delapan pulau terluar, yaitu Pulau Yiew, Budd, Fani, Brass-Fanildo, Liki, Bepondi, Miossu, dan satu gugus kepulauan Ayau di Kawasan Raja Ampat, Papua.

Baca Juga: Pulau Akko, Belajar Tentang Sampah Plastik Bersama Karakter Lucu, Lihat Videonya, yuk!