Ikut Mola TV Family Challenge, Selain Menimba Ilmu Kamu Juga Bisa Dapat Hadiah Puluhan Juta Rupiah

By Nana Triana, Minggu, 19 Juli 2020 | 08:31 WIB
Ilustrasi keseruan bereksperimen bersama keluarga. (Dok. Shutterstock)

Bobo.id - Selama ini teman-teman mungkin menganggap bahwa sains itu adalah pelajaran sekolah yang sulit dan membosankan.

Padahal tanpa teman-teman sadari, sains dapat dipelajari dari setiap kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Misalnya saat melarutkan susu bubuk dengan air panas untuk sarapan.

Proses ini merupakan peristiwa sains. Susu bubuk dapat terlarut dalam air bersuhu tinggi karena susu bubuk memiliki senyawa polar atau mudah larut dengan air.

Selain itu, percobaan sains dapat teman-teman lakukan di mana saja termasuk di rumah. Salah satu percobaan yang dapat teman-teman lakukan adalah membuat gelembung dalam gelembung.

Baca Juga: Isi Liburan di Rumah, Yuk Eksperimen Sains Gunakan Bahan Sederhana di Dapur

Bahan yang digunakan pun cukup sederhana, hampir sama dengan membuat gelembung udara pada umumnya. Bedanya untuk membuat gelembung dalam gelembung harus ditambahankan satu sendok gula pasir saat membuat larutan sabun.

Setelah itu, celupkan sedotan ke larutan air sabun tersebut dan tiup ke arah permukaan meja hingga terbentuk sebuah gelembung sabun di permukaan meja.

Lalu, celupkan kembali sedotan ke dalam air sabun dan tusukkan ke gelembung yang sebelumnya hingga mendekati permukaan meja lalu tiup lagi.

Nantinya kita akan melihat gelembung sabun baru terbentuk dalam gelembung pertama. Ulangi terus cara tersebut sampai kita bisa membuat gelembung baru di dalam gelembung kedua dan seterusnya.

Baca Juga: Cara Sederhana Penjernihan Air yang Bisa Dilakukan di Rumah, Percobaan untuk Membuat Air Bersih

Tidak hanya membuat gelembung dalam gelembung, teman-teman juga bisa mencoba membuat bunga teratai dari kertas. Potong kertas hingga berbentuk bintang dan lipat tepiannya supaya terlihat seperti kelopak. Kemudian, letakkan di permukaan air.

Lambat laun meresapnya air pada kertas akan membuat kelopak-kelopak bunga kertas yang kamu buat merekah di permukaan air. Bentuknya akan menyerupai bunga teratai yang sedang mekar.