Rangkuman dan Soal Perjuangan Soekarno, Materi Belajar dari Rumah untuk SMP

By Avisena Ashari, Senin, 10 Agustus 2020 | 10:38 WIB
Foto karya Frans Mendur yang mengabadikan Presiden Soekarno membacakan naskah proklamasi didampingi Wakil Presiden Mohammad Hatta (Public Domain)

Bobo.id - Dalam program Belajar dari Rumah untuk SMP pada Senin, 10 Agustus 2020 hari ini ada materi tentang perjuangan Soekarno.

Tayangan itu menjelaskan tentang perjuangan Soekarno yang berubah karena Perang Pasifik, alasan mengapa Jepang membebaskan Soekarno, hingga maksud dari ungkapan Soekarno tentang perjuangan berat melawan bangsa sendiri.

Nah, untuk teman-teman yang ingin mencatat kembali tayangan itu, Bobo punya rangkuman dan soal tentang materi perjuangan Soekarno untuk SMP ini.

Yuk, kita simak bersama!

Pengaruh Perang Pasifik terhadap Perjuangan Soekarno dan Mengapa Jepang Membebaskan Soekarno

Dalam materi pertama, ada pertanyaan "Perang Pasifik mengubah perjuangan Soekarno dengan masuknya Jepang ke Indonesia. Berikan pendapatmu mengapa Jepang membebaskan Soekarno dari penjara?".

Saat berusaha melawan penjajah Belanda, beliau beberapa kali ditangkap hingga pernah diasingkan ke Flores dan Bengkulu. Pengasingan itu berlangsung mulai tahun 1938.

Nah, salah satu cerita yang mengubah perjuangan Soekarno adalah Perang Pasifik.

Saat Perang Pasifik terjadi, dampaknya pada Indonesia adalah Belanda menyerah kepada Jepang.

Baca Juga: Bagaimana Perang Pasifik Mengubah Perjuangan Soekarno dan Mengapa Jepang Membebaskan Soekarno dari Pengasingan?