Rangkuman dan Soal Sifat-Sifat Cahaya, Materi Belajar dari Rumah SD Kelas 4-6

By Avisena Ashari, Selasa, 8 September 2020 | 08:48 WIB
Salah satu sifat pembiasan cahaya (Kanal Youtube Televisi Edukasi)

Bobo.id - Dalam tayangan Belajar dari Rumah di TVRI hari ini ada materi tentang sifat-sifat cahaya, untuk teman-teman SD kelas 4 - 6.

Melalui materi tentang sifat-sifat cahaya itu, kita belajar tentang kegiatan sehari-hari yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya dan pemantulan bayangan pada cermin.

Kalau teman-teman tidak sempat mencatat materi Belajar dari Rumah di TVRI tentang sifat-sifat cahaya, Bobo punya rangkumannya untukmu, nih.

Yuk, simak rangkumannya!

Sifat-Sifat Cahaya

Setiap hari, aktivitas manusia memerlukan bantuan cahaya, teman-teman.

Ini karena mata kita bisa melihat dengan jelas dengan adanya bantuan cahaya.

Saat siang hari, kita bisa melihat dengan bantuan cahaya Matahari, di malam hari, kita juga bisa melihat dengan bantuan cahaya dari Bulan atau cahaya lampu.

Tahukah teman-teman? Cahaya itu punya siat-sifat tertentu, lo.

Misalnya, salah satu sifat cahaya adalah bisa menembus kaca. Makanya, di siang hari, cahaya dari luar rumah bisa menembus kaca jendela dan menerangi ruangan di dalam rumah, ya?

Sifat cahaya lainnya adalah cahaya bisa merambat lurus, maka dimungkinkan akan terbentuk bayangan dari benda yang dikenai cahaya.

Bukan itu saja, cahaya juga punya sifat lain, yaitu cahaya bisa dibiaskan bila melewati dua zat yang berbeda kerapatannya dan cahaya bisa merambat pada ruang hampa udara.

Baca Juga: Contoh Kegiatan Sehari-hari yang Memanfaatkan Sifat-Sifat Cahaya