Tanda-Tanda Penyakit Ginjal yang Sering Tidak Disadari, Beberapa Terlihat Sepele

By Iveta Rahmalia, Jumat, 11 September 2020 | 18:30 WIB
Ilustrasi ginjal (pixabay/azwer)

Bobo.id - Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Fungsi utama ginjal adalah menyaring dan membuang limbah atau zat-zat beracun di dalam tubuh.

Karena itu, penyakit ginjal salah satu penyakit yang berbahaya. Penyakit ginjal sebenarnya bisa dideteksi lewat pemeriksaan kesehatan rutin setiap tahun.

Pemeriksaan ini penting, terutama bagi orang berisiko mengidap penyakit ginjal, antara lain: punya tekanan darah tinggi, memiliki masalah diabetes, ada keluarga dengan riwayat gagal ginjal, dan usia di atas 60 tahun. 

Sayangnya, banyak yang tidak sadar tanda-tanda penyakit ginjal. Berikut tanda-tanda penyakit ginjal yang sering tidak disadari:

1. Sering Merasa Lelah

Melansir Web MD, ginjal adalah organ yang berguna untuk menyaring limbah atau racun dari darah.

Limbah ini kemudian dibuang dalam bentuk urin.

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun dapat menumpuk di dalam tubuh. Saat kinerja ginjal terganggu, fungsi ginjal yang bertugas menghasilkan hormon pemberi kode pada tubuh untuk memproduksi sel darah merah jadi terganggu.

Jika produksi sel darah merah berkurang, darah tidak bisa optimal mengirimkan oksigen ke otak dan otot. Akibatnya, tubuh jadi gampang lelah, lemah, dan lesu terus-menerus.

Baca Juga: Minum Cukup Juga Penting untuk Ginjal! Ketahui Berbagai Manfaat Minum Air Putih bagi Ginjal