Mengenal 3 Ekosistem Utama di Sekitar Kita dan Makhluk Hidup yang Ada di Dalamnya

By Theresia Widyantini, Jumat, 25 September 2020 | 08:00 WIB
Pohon hijau yang menjulang tinggi di hutan (Putri Puspita)

 

Bobo.id - Apa, sih, sebenarnya ekosistem itu? Ekosistem itu adalah suatu hubungan yang tak terpisahkan, antar makhluk hidup dengan lingkungan di mana mereka berada.

Sebuah ekosistem ini terbentuk oleh dua komponen utama. Ada omponen biotik atau makluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan, juga komponen abiotik atau benda mati seperti suhu udara, sinar matahari, air, dan tanah.

Secara umum ada 3 macam ekosistem, yaitu ekosistem darat, air, dan buatan.

Ekosistem Air

Ekosistem ini ada beberapa jenis yaitu:

1. Ekosistem air tawar 

Kadar garam dalam ekosistem ini lebih rendah dibandingkan dengan ekosistem air lainnya. Sumber airnya biasanya berasal dari mata air dalam tanah.

Suhu airnya biasanya stabil. Tanaman yang hidup pada ekosistem ini biasanya ganggang. Yang masuk dalam katagori ini adalah danau, rawa, dan sungai.

2. Ekosistem laut

Seperti kita tahu, air laut mengandung kadar garam. Ekosistem air laut ini sangat luas. Di sana tinggal berbagai jenis biota laut. Ada tumbuhan seperti rumput laut dan alga.

Sedangkan hewan mulai dari yang ukurannya sangat kecil sampai sangat besar, hingga terumbu karang.

O iya, dalam ekosistem laut terdapat juga ekosistem laut dalam. Yang berada pada ledalam lebih dari 6.000 m. Di sana tak banyak makhluk hidup yang bisa bertahan hidup. Contoh penghuni ekosistem laut dalam adalah bakteri.   

Baca Juga: Ada Ratusan Hewan Laut di Akuarium, Benarkah Hiu Putih Tidak Bisa Berada di Akuarium?