Mengenal Sifat-Sifat Magnet, Benda yang Bisa Menarik Benda lain!

By Theresia Widyantini, Kamis, 8 Oktober 2020 | 07:00 WIB
Ilustrasi magnet. (Pixabay)

Bobo. id - Siapa yang tahu apa itu magnet? Magnet adalah benda yang dapat menarik benda lain yang terbuat dari beberapa bahan logam.

Sst, sebenarnya dari mana magnet berasal, ya! Magnet itu asalnya dari alam, lo!

Kata magnet berasal dari sebuah kata dalam Bahasa Yunani yaitu magnitis lithos. Yang artinya batu yang berasal dari Magnesian. Nah, Magnesian itu adalah sebuah daerah di Yunani. Namun, sekarang daerah itu dikenal dengan Manisa.

Konon, dulu di daerah itulah banyak ditemukan kandungan batu magnet alami. Nah, kalau saat ini magnet sudah dibuat untuk berbagai keperluan.

Kalau magnet seperti ini namanya magnet buatan. Bentuknya ada berbagai macam. Seperti, magnet batang, ajrum, silinder, cincin, dan magnet U atau magnet tapal kuda.

Dalam kehidupan sehari-hari, magnet ini ada banyak sekali gunanya. Beberapa di antaranya adalah dipasang pada kompas, obeng, gunting, pintu kulkas, pada alat elektronik, dan pada banyak permainan. Seperti pada papan catur.

Selain magnet alami dan buatan, sebenarnya Bumi kita ini adalah magnet yang paling besar, lo! Bumi kita adalah magnet raksasa. Pada inti Bumi kita terdapat banyak batuan yang bersifat magnet.  

Baca Juga: Jarum Kompas dan Magnet Bumi