Dongeng Anak: Kue Serabi Pembawa Berkah #MendongenguntukCerdas

Sarah Nafisah Sabtu, 24 Oktober 2020 | 18:00 WIB
Dongeng Anak: Kue Serabi Pembawa Berkah (Dok. Majalah Bobo)

 

Bobo.id - Teman-teman sudah tahu manfaat mendongeng, kan? Mendongeng bisa membuat kita menjadi cerdas.

Nah, hari ini ada dongeng anak yang berjudul Kue Serabi Pembawa Berkah.

Jangan lupa untuk membaca dongeng atau minta orang tuamu untuk mendongeng untukmu, ya!

-----------------------------

Baca Juga: Dongeng Anak: Lelucon Raja Boku #MendongenguntukCerdas

Di desa yang terletak jauh dari kota Kaesong, tinggallah sepasang suami istri yang miskin. Mereka mempunyai anak laki-laki bernama Can Syek Bong. Can Syek Bong cerdas dan rajin membantu pekerjaan orang tuanya.

Suatu hari ayahnya jatuh. Sebelum menghembuskan napasnya yang terakhir, ia berkata pada istrinya, "Aku hanya petani. Dan kau hanya penjual kue serabi. Tapi anak kita harus bisa menjadi orang pandai. Tingkat pendidikannya harus tinggi, setinggi-tingginya." Istrinya berjanji akan mengusahakan hal itu. Maka meninggallah suaminya dengan tenang.

Pada waktu Can Syek Bong berusia sembilan tahun, ibunya berkata, "Nak, kini kau harus berusaha memenuhi keinginan ayahmu. Pergilah ke kota Kaesong. Belajarlah di sana selama sepuluh tahun. Kau harus hafal seribu lukisan huruf dan hafal syair-syair yang terkenal. Kalau kau rajin, kau dapat menempuh ujian di Seoul. Belajarlah setinggi-tingginya sesuai pesan ayahmu."

Maka berangkatlah Can Syek Bong ke kota Kaesong. Ibunya tetap membuat dan menjual kue serabi. Tidak seorang pun di desa itu yang dapat menandingi kue serabinya, yang lembut, harum dan sedap. Pada malam hari, sang ibu sering merasa kesepian. Ia menangis karena merindukan anaknya. Betapa lama ia harus menunggu.

Baca Juga: Cokelat Bisa Diolah Jadi Kakao dan Kokoa, Ketahui Apa Perbedaan Keduanya Agar Tidak Tertukar, yuk!

Penulis : Sarah Nafisah
Editor : Bobo.id