Kenalan dengan Kerajaan Kutai, Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia

By Eva Jessica, Kamis, 12 November 2020 | 09:30 WIB
Kutai Kartanegara, salah satu wilayah yang akan jadi ibu kota ()

Bobo.id - Saat ini Negara Kesatuan Republik Indonesia dipimpin oleh seorang Presiden. Namun, ratusan tahun lalu, di berbagai wilayah Nusantara ini terdapat berbagai kerajaan, lo.

Salah satu kerajaan besar di Nusantara adalah Kerajaan Kutai. Apa saja fakta menarik tentang kerajaan ini? Yuk, kita cari tahu!

Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia

Kerajaan Kutai diperkirakan berdiri sekitar tahun 400-500 Masehi di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu tertua di Nusantara, bahkan di seluruh Asia Tenggara.

Menariknya, nama asli dari kerajaan ini masih belum diketahui. Nama Kutai diambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menjelaskan tentang keberadaan kerajaan ini.

Baca Juga: Mengenal Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Hindu di Jawa Barat

Sejarahnya Tertulis di Yupa

Yupa adalah tugu batu yang digunakan dalam upacara pengorbanan. Dulu, yupa digunakan sebagai prasasti, tiang pengikat hewan untuk upacara, serta lambang kebesaran raja.

Nah, sebagian besar informasi mengenai Kerajaan Kutai yang kita tahu saat ini didapat dari tujuh buah yupa yang ditemukan di Sungai Mahakam. Yupa-yupa itu ditulis dengan Huruf Pallawa dan Bahasa Sansekerta.

Beberapa informasi yang didapat para ilmuwan dari ketujuh yupa itu adalah silsilah di Kerajaan Kutai, macam-macam sedekah yang diberikan oleh raja, serta lokasi pemberian sedekah.