Rangkuman dan Soal Matematika Mengurutkan Bilangan dan Nilai Pecahan Uang, Belajar dari Rumah SD Kelas 1-3

By Avisena Ashari, Selasa, 17 November 2020 | 07:03 WIB
Belajar dari rumah, matematika SD (Designed by Freepik)

Bobo.id - Dalam program Belajar dari Rumah di TVRI hari ini, ada materi matematika tentang mengurutkan bilangan dan nilai pecahan uang.

Kita cari tahu penjelasan tentang cara mengurutkan bilangan dan nilai pecahan uang ini, yuk!

Mengurutkan Bilangan

Teman-teman pasti sudah bisa mengurutkan bilangan 1 sampai 10 atau 11 sampai 20.

Mungkin, ada juga yang sudah bisa mengurutkan bilangan 1 sampai 50 atau 1 sampai 100.

Jika diminta mengurutkan bilangan 1 sampai 10 dari yang nilainya paling kecil ke yang paling besar, maka urutannya adalah 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 10.

Sebaliknya, jika diminta mengurutkan bilangan 1 sampai 10 dari yang nilainya paling besar ke yang paling kecil, maka urutannya adalah 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1.

Nah, coba urutkan bilangan dari jumlah benda di sekitar kita, yuk!

Bayangkan suatu hari teman-teman sedang jalan-jalan di sekitar rumah di pagi hari. Kemudian, teman-teman melihat ada 11 ekor ayam, 12 pohon, 13 ekor burung, dan 14 bunga.

Jika menurutkan dari yang paling banyak ke paling sedikit, bagaimana urutannya, ya?

Baca Juga: Membaca, Menulis, Mengurutkan Bilangan Ratusan, Materi Belajar dari Rumah Matematika SD Kelas 1-3

Caranya adalah melihat nilai bilangan yang terbesar dan diurutkan sampai yang terkecil.

Sehingga jawabannya, 14 bunga, 13 ekor burung, 12 pohon, dan 11 ekor ayam.

Soal Latihan Matematika Mengurutkan Bilangan

1. Lengkapilah urutan bilangan berikut ini! 11 ... 13 14 ... ... 17 18 ... ....

2. Perhatikan bilangan berikut ini! 15 18 13 17 11 20 12 19 14 16.

Urutkan bilangan tersebut dari yang terbesar!

Nilai Pecahan Uang

Sekarang, kita coba cari tahu cara menghitung uang dengan pecahan yang berbeda, yuk.

Siti, Dayu, dan Beni memperoleh uang logam dengan pecahan berbeda.

Siti punya 4 keping uang pecahan Rp 500.

Dayu punya 2 keping uang pecahan Rp 500 dan 5 keping uang pecahan Rp 200.

Beni punya 2 keping uang pecahan Rp 1.000.

Coba hitung masing-masing-masing jumlah uang Siti, Dayu, dan Beni!

Baca Juga: Matematika Penjumlahan dan Pengurangan, Nilai Mata Uang, Alat Ukur, Materi Belajar dari Rumah SD Kelas 1-3

Jumlah uang Siti = 4 x 500 = Rp 2.000

Jumlah uang Dayu 2 x 500 = Rp 1.000 ditambah 5 x 200 = Rp 1.000, totalnya 1000 + 1000 = Rp 2.000

Jumlah uang Beni 2 x 1000 = Rp 2.000

Ternyata, meski pecahan uang yang dimiliki berbeda, jumlah seluruh uang Beni, Dayu, dan Siti punya nilai yang sama, yaitu Rp 2.000

Soal Latihan Matematika Nilai Pecahan Uang

a. Rp100,00 + Rp200,00 + Rp200,00 = Rp.....

b. Satu lembar seribuan = ... keping lima ratusan

Baca Juga: Rangkuman dan Soal Pengurangan dan Nilai Mata Uang, Materi Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 1-3

------

Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD. Tinggal klik di www.gridstore.id/

Atau teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com