Jarang Ada yang Tahu, 5 Benda di Rumah Ini Perlu Sering Diganti secara Teratur karena Dipakai Setiap Hari

By Avisena Ashari, Minggu, 27 Desember 2020 | 18:12 WIB
Jarang Ada yang Tahu, 5 Benda di Rumah Ini Harus Sering Diganti secara Teratur karena Dipakai Setiap Hari (People photo created by freepik)

Bobo.id - Coba teman-teman ingat, benda apa saja yang teman-teman gunakan setiap hari?

Ada banyak hal yang kita lakukan berulang-ulang setiap hari, dengan menggunakan benda yang sama.

Nah, ternyata beberapa benda yang kita pakai sehari-hari itu harus sering diganti, lo.

Bahkan, meski benda-benda itu masih terlihat bersih, kita tidak tahu apakah benda itu menyimpan kuman atau bakteri yang tidak terlihat oleh mata kita.

Kalau digunakan terus-menerus, bisa-bisa benda yang kita pakai terus dan tak kunjung diganti itu membawa penyakit ke tubuh, nih.

Hmm… kira-kira benda apa saja yang perlu sering diganti dan kapan kita harus menggantinya?

Baca Juga: Kesalahan Menyimpan Sikat Gigi Justru Bisa Membuat Sikat Gigi Tidak Bersih, Periksa Lagi Cara Menyimpan Sikat Gigimu

Sprei

Sprei harus sering diganti karena tanpa kita sadari di sprei ada sel kulit mati, debu, minyak dari kulit, keringat, dan yang lainnya.

Bahkan, sel kulit mati yang dibiarkan ada di sprei kita bisa membuat serangga seperti tungau debu berkembang biak dan membuang kotorannya di sprei.

Kalau kita jarang mengganti dan mencuci sprei secara rutin bisa meningkatkan risiko kulit terkena jamur, bakteri, dan yang lainnya.

Wah, padahal kotoran itu tidak terlihat, ya, teman-teman?

Para ahli menyarankan kita untuk mencuci sprei dan menggantinya dengan yang bersih setidaknya satu atau dua minggu sekali.

Namun, kalau teman-teman memiliki kondisi tertentu seperti rentan alergi debu, asma, banyak berkeringat, atau memiliki luka di kulit, maka lebih baik jika lebih sering mengganti sprei, ya.

Baca Juga: Sedang Belajar Memasak? Hindari 4 Kebiasaan Ini agar Wajan Antilengket Tidak Cepat Rusak