Ketahui Cara Menentukan Jarak dan Arah Mata Angin Menuju Lokasi Tujuan dari Peta

By Tyas Wening, Senin, 11 Januari 2021 | 09:00 WIB
Peta digunakan untuk menentukan jarak atau lokasi suatu tempat (Pixabay)

Bobo.id - Ketika akan berkunjung ke rumah saudara atau teman yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, kita pasti akan diberikan denah lokasi rumah.

Lokasi ini bisa diberikan dalam bentuk digital maupun tertulis, misalnya dalam bentuk peta di smartphone, atau gambar denah petunjuk dari satu titik ke tempat tujuan.

Atau mungkin teman-teman yang memberikan petunjuk arah kepada orang lain?

Nah, ketika membaca denah atau peta, kita mungkin ada yang kebingungan untuk menentukan jarak tempuh dari satu titik ke tempat tujuan, maupun menentukan arah pada peta atau denah lokasi yang diberikan.

Baca Juga: Akan Mencapai Jarak Terjauhnya, Apa Jarak Matahari dari Bumi Memengaruhi Suhu di Bumi?

Fungsi Menentukan Jarak Tempuh

Ketika akan bepergian ke suatu tempat, maka hal yang akan dilakukan oleh pengendara adalah dengan menentukan jarak tempuh menuju lokasi tujuan.

Menentukan jarak tempuh sebelum bepergian ini perlu dilakukan, berhubungan dengan durasi atau lamanya waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan.

Dengan menentukan jarak tempuh antara titik kita berada dengan lokasi tujuan, maka pengendara bisa menentukan waktu yang diperlukan untuk sampai di lokasi.

Selain itu, pengendara juga bisa menentukan kecepatan yang diperlukan untuk sampai ke lokasi tujuan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga: 35 Singkatan Bahasa Inggris Lengkap untuk Percakapan di Internet, dari BTW, IKR, Hingga FTW