Dongeng Anak: Kisah Tulo dan Tulio #MendongenguntukCerdas

By Sarah Nafisah, Minggu, 17 Januari 2021 | 18:00 WIB
Dongeng Anak: Kisah Tulo dan Tulio (Dok. Majalah Bobo)

 

Bobo.id - Teman-teman sudah tahu manfaat mendongeng, kan? Mendongeng bisa membuat kita menjadi cerdas.

Nah, hari ini ada dongeng anak yang berjudul Kisah Tulo dan Tulio.

Jangan lupa untuk membaca dongeng atau minta orang tuamu untuk mendongeng untukmu, ya!

-----------------------------

Baca Juga: Dongeng Anak: Penasihat Raja #MendongenguntukCerdas

Pada suatu ketika hiduplah dua bersaudara. Tulo si kakak dan Tulio si adik. Mereka sangat baik dan ramah. Namun ada keanehan pada tubuh mereka. Tulo memiliki kaki yang panjang setinggi rumah, namun tangannya pendek sekali. Sementara Tulio memiliki kaki yang amat pendek namun tangannya amat panjang sehingga bisa memeluk sebuah rumah. Anak-anak menyukai mereka. Namun orang dewasa menganggap mereka aneh. Tulo dan Tulio senang menghibur anak-anak. Mereka bercerita, melucu, bernyanyi...

Suatu hari Tulio berkata kepada Tulo, "Kak, aku mendengar cerita tentang kolam ajaib. Konon kolam itu bisa membuat tubuh kita normal. Aku tidak suka dianggap aneh dan ditertawakan. Ayo kita cari kolam ajaib itu."Tulo berpikir sejenak. "Baiklah! Mari kita berpetualang mencari kolam ajaib itu!" ujarnya kemudian.

Di sepanjang perjalanan, Tulo dan Tulio bertemu banyak orang. Ada yang menganggap mereka aneh, ada pula yang menerima mereka dengan senang hati. Yang jelas, kemana pun mereka pergi, mereka selalu menghibur anak-anak. Mereka bermain akrobat atau pun melucu. Anak-anak sangat gembira melihat pertunjukan mereka.Lama-kelamaan orang dewasa pun mulai menyukai pertunjukan Tulo dan Tulio. Tulo dan Tulio menjadi amat terkenal. Mereka diundang di berbagai perayaan dan pesta. Ketenaran mereka akhirnya terdengar Raja Tenggara.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer, Apa Itu Awan Panas dan Apakah Berbahaya?