Penjelasan Lengkap Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi, Politik dan Keamanan, serta Sosial dan Budaya

By Iveta Rahmalia, Rabu, 3 Maret 2021 | 09:42 WIB
Penjelasan Lengkap Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi, Politik dan Keamanan, serta Sosial dan Budaya (iStockphoto)

Bobo.id - Indonesia tergabung dalam ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), yakni sebuah organisasi yang menghimpun negara-negara di Asia Tenggara.

ASEAN dibentuk untuk beberapa tujuan, di antaranya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan di negara-negara anggotanya.

Tujuan lainnya adalah untuk memajukan perdamaian dan kestabilan di tingkat regional, serta meningkatkan kesempatan membahas perbedaan yang ada di antara anggota-anggotanya dengan cara yang damai.

Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 6 Tema 7 Subtema 1: Apa Produk yang Dihasilkan dan Diekspor oleh Tiap Negara Anggota ASEAN?

Selain itu, ASEAN juga bertujuan untuk membangun kerja sama aktif dan saling membantu hal-hal yang menjadi kepentingan bersama.

Nah, ada beberapa bentuk kerja sama ASEAN, di antaranya adalah kerja sama di bidang ekonomi, kerja sama di bidang politik dan keamanan, serta kerja sama di bidang sosial dan budaya. 

Inilah penjelasan lengkap bentuk kerja sama ASEAN di bidang ekonomi, politik dan keamanan, serta sosial dan budaya: