Ini 2 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Agar Masker Bisa Melindungi Diri dari Virus

By Avisena Ashari, Rabu, 17 Maret 2021 | 18:00 WIB
Memakai masker dengan benar saat bepergian salah satu upaya mencegah penularan penyakit COVID-19 (Photo by Anna Shvets from Pexels)

Bobo.id - Mengenakan masker merupakan salah satu cara yang harus dilakukan untuk mencegah penularan virus penyebab COVID-19.

Penggunaan masker penting untuk mencegah seseorang menularkan virus maupun terpapar virus, teman-teman.

Bersumber dari Centers of Disease Control and Prevention (CDC), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih dan menggunakan masker agar masker bisa melindungi kita dari virus secara maksimal.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih dan Menggunakan Masker

CDC menyarankan agar kita memerhatikan masker yang dikenakan, mulai dari seberapa sesuai masker itu di wajah, seberapa baik masker menyaring udara, dan berapa jumlah lapisan masker.

Bersumber dari situs CDC, ada dua hal penting yang perlu diperhatikan agar masker melindungi kita secara maksimal, yaitu:

Baca Juga: Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Vaksin COVID-19, Hindari Supaya Vaksin Berjalan Lancar

1. Memerhatikan Masker Pas dengan Wajah

Yang pertama, kita harus memastikan masker yang kita gunakan benar-benar pas pada wajah, artinya, hindari menggunakan masker yang terlalu besar.

Kita bisa mengenakan masker yang memiliki ukuran sesuai dengan wajah kita.

Sebabnya, celah pada masker bisa membuat udara yang mengandung droplet pernapasan dari luar masuk ke bagian dalam masker.

Celah pada masker juga bisa membuat udara yang mengandung droplet pernapasan keluar dari dalam masker.