Materi Kelas 4 Tema 9 Subtema 2: Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Kegiatan Ekonomi

By Avisena Ashari, Kamis, 18 Maret 2021 | 09:07 WIB
Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 9: Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Kegiatan Ekonomi (Foto oleh Aleksandar Pasaric dari Pexels)

Bobo.id - Dalam materi pelajaran kelas 4 tema 9 subtema 2, kita mempelajari tentang pemanfaatan sumber daya alam untuk pembangunan, salah satunya di bidang ekonomi.

Teman-teman, apakah kamu tahu apa saja contoh pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi?

Kita cari tahu kunci jawabannya, yuk!

Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 8 Subtema 1: Kegiatan Ekonomi Produksi, Distribusi, dan Konsumsi di Tabanan Bali

Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Kegiatan Ekonomi

1. Pemanfaatan Hasil Pertanian

Dalam bidang pertanian, terdapat kegiatan ekonomi berupa produksi hasil pertanian, pengolahan produk hasil pertanian, hingga ekspor hasil pertanian.

Sumber daya alam hasil pertanian yang dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi antara lain ada padi, jagung, kedelai, ubi kayu, kacang tanah, sayuran, buah-buahan, dan bunga.

2. Pemanfaatan Hasil Perkebunan

Di bidang perkebunan, antara lain terdapat kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk perkebunan, kegiatan pengolahan hasil perkebunan, dan distribusi hasil perkebunan.

Hasil perkebunan yang dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi misalnya ada tebu, karet, lada, tembakau, pala, lada, cokelat, kopi, cengkeh, vanili, kelapa, dan kelapa sawit.