4 Resep Cake untuk Hantaran Lebaran, Ada Kue Ruwok dan Cake Kukus Kelapa Gula Merah

By Avisena Ashari, Jumat, 30 April 2021 | 16:00 WIB
Coba buat cake untuk hantaran lebaran, yuk! Ada resep kue ruwok, simple brownies, marmer cake pandan, dan cake kukus kelapa gula merah. (Sajian Sedap)

Bobo.id - Biasanya saat Idulfitri atau lebaran, banyak orang Indonesia mudik ke kampung halaman atau mengunjungi rumah sanak saudara.

Perayaan Idulfitri identik dengan berkumpul bersama keluarga, sambil menikmati berbagai makanan khas lebaran daerah masing-masing.

Namun, pada Idulfitri tahun ini pemerintah masih melarang masyarakat Indonesia untuk mudik ataupun bepergian ke luar kota, teman-teman.

Meski begitu, kita tetap bisa memberikan hantaran lebaran untuk keluarga atau kerabat yang jauh, misalnya sepert kue atau cake buatan sendiri.

Ada beberapa resep cake yang cocok dijadikan hantaran lebaran, nih! Yuk, simak cara membuat kue ruwok, simple brownies, marmer cake pandan, dan cake kukus kelapa gula merah.

Resep Kue Ruwok

Resep cake untuk hantaran lebaran: Kue Ruwok (Sajian Sedap)

Bahan I:

7 butir kuning telur

100 gram gula pasir

4 sendok makan tepung terigu

300 ml susu cair

1/4 sendok teh garam

Bahan II:

3 butir putih telur

75 gram gula pasir

30 gram kismis

Baca Juga: Ingin Buat Kue Kering yang Renyah dan Matang Merata untuk Sajian Hari Raya? Ketahui Tipsnya, Termasuk Perhatikan Suhu Oven

Cara Membuat Kue Ruwok:

1. Untuk bahan I, kocok kuning telur dan gula sampai kental. Masukkan tepung terigu, susu, dan garam sambil diaduk perlahan.

2. Tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas kotak 17x17x5 cm yang dioles tipis margarin. Letakkan di atas loyang diberi sedikit air.

3. Panggang menggunakan oven dengan api bawah 180 derajat Celsius 40 menit sampai matang.

4. Untuk bahan II, kocok putih telur sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sambil dikocok hingga mengembang.

5. Tuang adonan bahan II ke atas bahan I yang sudah dipanggang. Taburkan kismis. Panggang kembali menggunakan oven selama 15 menit sampai kecokelatan.

(Penulis: Sajian Sedap)