Limfoma Hodgkin Bisa Dialami Anak-Anak, Bagaimana Kondisi Ini Dideteksi dan Siapa yang Lebih Berisiko?

By Avisena Ashari, Rabu, 12 Mei 2021 | 20:08 WIB
Yuk, cari tahu tanda dan gejala limfoma hodgkin, siapa yang lebih berisiko mengalaminya dan bagaimana cara mendeteksi penyakit limfoma hodgkin. (Designed by Freepik)

Bobo.id - Limfoma hodgkin merupakan salah satu penyakit kanker yang bisa dialami anak-anak dan remaja.

Bersumber dari situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kondisi limfoma hodgkin paling banyak dialami oleh remaja dan orang dewasa muda berusia 15 - 39 tahun serta orang berusia lanjut.

Apa teman-teman tahu apa tanda dan gejala limfoma hodgkin? Ketahui juga bagaimana kanker limfoma hodgkin dideteksi dan siapa orang yang lebih berisiko mengalaminya.

Baca Juga: Perbedaan Limfoma Hodgkin dan Limfoma Non-Hodgkin, 2 Jenis Kanker pada Sistem Cairan Getah Bening

Tanda dan Gejala Kondisi Limfoma Hodgkin

Limfoma hodgkin merupakan salah satu kanker yang menyerang sistem limfa atau cairan getah bening. Sistem limfa ini merupakan bagian dari sistem imun tubuh.

Yang termasuk ke dalam sistem limfa antara lain kelenjar getah bening (nodus limfa), pembuluh getah bening, organ limpa, sumsum tulang, kelenjar timus, kelenjar gondok dan amandel, serta saluran pencernaan.

Biasanya, limfoma hodgkin menyebar melalui pembuluh getah bening dari satu kelenjar getah bening ke kelenjar getah bening lainnya.