Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila 'Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan', Materi Kelas 6 SD Tema 1

By Thea Arnaiz, Rabu, 28 Juli 2021 | 09:30 WIB
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan. (sanuas/pixabay)

 

 

Bobo.id - Pancasila adalah pandangan hidup atau disebut ideologi.

Ini artinya, Pancasila berisi kumpulan ide sebagai dasar bertindak, berpendapat, dan memberikan arah keberlangsungan hidup manusia.

Pancasila mempunyai lima sila, salah satunya adalah sila keempat yang berbunyi, "Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan".

Baca Juga: Contoh Perkembangbiakan Hewan Secara Vivipar, Materi Kelas 6 SD Tema 1

Apakah kamu tahu arti dari sila keempat Pancasila ini? Artinya adalah demokrasi yang ada di Indonesia berdasarkan oleh kerakyatan dan kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat.

Rakyat yang melaksanakan kekuasaanya diwakilkan oleh wakil-wakil yang dipilih setiap pemilu. Setiap warga negara di Indonesia mempunyai hak, kewajiban dan kedudukan yang sama.

Lalu, apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam sila "Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan"?