Contoh-Contoh Pengaruh Letak Geografis bagi Indonesia

By Iveta Rahmalia, Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:00 WIB
Ada beberapa pengaruh letak geografis bagi Indonesia. (pxfuel)

Bobo.id - Apa saja contoh pengaruh letak geografis bagi Indonesia? Sebelum cari tahu kunci jawabannya, kita cari tahu dulu apa itu letak geografis.

Letak geografis adalah letak sebuah negara atau wilayah yang dilihat dari permukaan Bumi.Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia, serta berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.Selain itu, wilayah Indonesia dilalui pertemuan dua rangkaian pegunungan, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 2, Apa Saja Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia?Wilayah Indonesia terdiri atas daratan dan lautan. Luas daratan Indonesia sekitar 1.919.443 kilometer persegi.Indonesia juga disebut negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau sekitar 17.504 pulau.Selain itu, Indonesia juga memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia.Panjang garis pantainya sekitar 95.181 kilometer dan luas perairan lautnya sekitar 5,8 kilometer persegi. Itulah yang membuat Indonesia dikenal sebagai negeri maritim.

Lalu, apa saja pengaruh letak geografis bagi Indonesia?