Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 1, Apa Ide Pokok dalam Teks Bacaan 'Otot Manusia'?

By Ikawati Sukarna, Senin, 9 Agustus 2021 | 11:00 WIB
Ide pokok dalam teks bacaan Otot Manusia. (Pixabay)

Bobo.id - Ide pokok itu dibutuhkan dalam sebuah paragraf. Tanpa ide pokok paragraf yang baik tidak akan timbul. 

Ide pokok bisa terletak di awal, tengah, dan akhir sebuah paragraf. Namun, ide pokok paling banyak ditemukan di awal paragraf. 

Dalam materi kelas 5 SD Tema 1, ada pembahasan tentang ide pokok dalam bacaan "Otot Manusia."

Berikut ini akan dibahas kunci jawabannya.

Paragraf 1

Otot dalam tubuh manusia memiliki beberapa fungsi, tetapi fungsi yang utama adalah bergerak. Adapun fungsi-fungsi yang lain antara lain mendukung tubuh, menjaga postur tubuh, dan menjaga suhu tubuh. Semua fungsi otot tersebut dapat dilakukan apabila otot dalam keadaan sehat, tanpa terjadi gangguan atau kelainan. 

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 1, Apa Ide Pokok dalam Teks Bacaan 'Beragamnya Flora dan Fauna di Indonesia'?

Ide pokok dalam paragraf 1 terletak di awal paragraf, yaitu pada kalimat 1. Bunyi kalimat 1 yaitu "Otot dalam tubuh manusia memiliki beberapa fungsi, tetapi fungsi yang utama adalah bergerak.''

Paragraf 2

Otot dalam tubuh manusia berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja. Gerak yang disengaja berarti dilakukan secara sadar dan membutuhkan usaha tersendiri pada tiap-tiap bagian otot. Contoh gerak yang disengaja antara lain berjalan, membungkuk, memutar, memegang, dan mengangkat. 

Ide pokok dalam paragraf 2 terletak di awal paragraf, yaitu pada kalimat 1. Bunyi kalimat 1, yaitu "Otot dalam tubuh manusia berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja."