Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 2, Kesimpulan Teks Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan Indonesia

By Thea Arnaiz, Jumat, 13 Agustus 2021 | 13:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 2, kesimpulan teks bacaan dari upaya bangsa indonesia meningkatkan kesejahteraan. (mohamed hassan/pxhere)

Bobo.id - Dalam materi kali ini kita akan mencari kesimpulan yang berdasarkan teks upaya bangsa indonesia meningkatkan kesejahteraan rakyat di awal masa kemerdekaan Indonesia.

Teman-teman bisa membaca dengan baik terlebih dahulu teks bacaan ini dalam hati, sebelum menemukan kesimpulannya.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 2, Cara Bermain Ayam dan Elang

Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan Indonesia

Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya blokade ekonomi oleh Belanda (NICA). Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah beserta rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan, di antaranya: 

Pada awal kemerdekaan, pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru bulan Februari 1946, pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang mendesak. Upaya-upaya tersebut meliputi: