Apa yang Dimaksud dengan Iklan? Inilah Pengertian, Unsur Pembentuk, dan Fungsinya

By Grace Eirin, Selasa, 24 Agustus 2021 | 15:30 WIB
Iklan dapat ditemukan di media cetak seperti koran. (Photo by Ekrulila from Pexels)

Bobo.id - Teman-teman, apa yang kamu ketahui tentang iklan?

Menurut KBBI, iklan adalah berita pesanan yang mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. 

Iklan dapat kita temukan pada media cetak, laman dari situs web, internet, televisi, radio, dan lain sebagainya. 

Iklan merupakan salah satu bagian dari industri perdagangan yang berfungsi untuk menawarkan produk supaya dapat laku dijual di masyarakat.

Namun, iklan tidak hanya menawarkan produk, iklan juga bisa memberikan informasi sehingga pembaca teks iklan mendapat pengetahuan baru.

Baca Juga: Contoh Teks Berita tentang COVID-19 Beserta Unsur-Unsur dan Strukturnya

Sebagai salah satu jenis teks dan terdapat pada pelajaran bahasa Indonesia, iklan memiliki unsur-unsur pembentuk dan fungsi yang bisa kamu pelajari. 

Unsur pembentuk dan fungsi iklan tersebut dapat membantumu ketika ingin membuat teks iklan. 

Lalu, apa saja unsur pembentuk iklan dan fungsinya? 

Kamu bisa menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan memperhatikan penjelasan berikut ini. 

Unsur Pembentuk Iklan

Iklan dapat dibuat dengan unsur-unsur pembentuk sebagai berikut ini. 

1. Harus ada sumbernya, maksudnya pemasang iklan atau penyandang dana pada iklan harus jelas. 

2. Harus ada pesan yang disampaikan, yang bisa berwujud verbal dan nonverbal. 

3. Harus ada media, atau sarana yang digunakan untuk menyajikan iklan. Contohnya media cetak, media elektronik, dan lain sebagainya. 

4. Harus ada penerima, atau sasaran yang dituju untuk menyampaikan iklan. 

Baca Juga: Mengenal Teks Pengumuman, Mulai dari Pengertian Sampai Contohnya

5. Harus ada efek atau perubahan yang terjadi setelah penerima menerima iklan tersebut. 

6. Harus ada umpan balik atau tanggapan yang dikehendaki oleh penerima iklan sehingga produk yang ditawarkan dapat dibeli. 

Adapun dua klasifikasi iklan berdasarkan isinya, yaitu iklan strategis dan iklan taktis. 

Iklan strategis digunakan untuk membangun merek ataupun citra positif suatu perusahaan. 

Sedangkan iklan statis digunakan untuk mendorong konsumen melakukan respon atau tanggapan dengan merek tertentu.

Iklan juga memiliki fungsi dan tujuan sehingga dapat mempengaruhi orang yang melihatnya. 

Fungsi dan Tujuan Iklan

Berikut ini fungsi adanya iklan, yaitu: 

1. Fungsi Informasional

Artinya iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk dan manfaat yang diperoleh. 

Baca Juga: Cara Membuat Teks Prosedur Berdasarkan Ciri, Struktur, dan Kaidahnya

2. Fungsi Transformasional

Artinya iklan berusaha untuk mengubah sikap yang dimiliki konsumen terhadap merek yang ditawarkan. 

Nah, sekarang teman-teman sudah belajar mengenai teks iklan beserta unsur pembentuk dan fungsinya. 

Sumber: Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII.

Tonton video ini juga, yuk!

 

----

Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.