Fungsi Sel Tumbuhan, Mulai dari Dinding Sel hingga Badan Golgi

By Grace Eirin, Kamis, 26 Agustus 2021 | 20:15 WIB
Mempelajari sel-sel pada tumbuhan dan fungsinya. (Photo by Katerina Holmes from Pexels)

Bobo.id - Setiap makhluk hidup memiliki sel dalam tubuhnya, termasuk tumbuhan. Sel tumbuhan memiliki struktur dan fungsi. 

Namun sebelum itu, apa yang kamu ketahui tentang sel? 

Sel merupakan bagian dan fungsional terkecil dalam tubuh makhluk hidup. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. 

Sel tumbuhan termasuk ke dalam sel eukariotik yang memiliki sistem endomembran. 

Sistem endomembran merupakan suatu kumpulan organel sel yang membentuk sistem kesatuan yang saling mempengaruhi antara satu organel sel dengan organel sel yang lain. 

Baca Juga: Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, Beserta Ada Tidaknya Organel Sel

Organel-organel sel yang memiliki membran tersebut antara lain membran plasma, inti sel, retikulum endoplasma, badan golgi, mitokondria, kloroplas. 

Nah, untuk memahami masing-masing fungsi dari sel-sel tersebut, mari kita pahami dari penjelasan berikut ini. 

Fungsi dari Sel-Sel pada Tumbuhan

1. Dinding Sel

Dinding sel disebut juga dengan tembok pada sel merupakan lapisan luar membran sel yang mengelilingi jenis sel tertentu dan membatasi ruang untuk sel dapat mengembang. 

Komponen utama penyusun dinding sel adalah selulosa. Selulosa adalah karbohidrat yang membuat dinding sel menjadi kaku dan membentuk serat panjang.

Dinding sel berfungsi untuk menjaga tekanan turgor dan memberikan bentuk pada sel, sifat kaku pada dinding sel membantu tumbuhan berdiri tegak dan mencegah patogen masuk ke dalam sel.