Julukan Negara-Negara ASEAN yang Terkenal, dari Indonesia hingga Kamboja

By Sarah Nafisah, Senin, 20 September 2021 | 12:15 WIB
Julukan negara-negara ASEAN (nguyenthuantien/pixabay)

Bobo.id - Apakah teman-teman tahu apa saja julukan untuk negara-negara ASEAN? 

Mungkin di antara kita hanya tahu beberapa julukan dari negara-negara ASEAN atau mungkin hanya tahu julukan untuk Indonesia.

Hampir seluruh negara di dunia memiliki julukan masing-masing. Biasanya julukan ini diberikan berdasarkan ciri khas dari negara itu sendiri.

Baca Juga: Profil Negara-Negara ASEAN: Keadaan Alam, Bentuk Pemerintahan, dan Kegiatan Ekonomi

Sebagai contoh negara Korea Selatan diberi julukan "negeri ginseng". Hal itu karena di sana kita bisa menemukan banyak sekali jenis ginseng.

Lalu, bagaimana dengan julukan negara-negara ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja?

Yuk, kita cari tahu bersama!

Julukan Negara-Negara ASEAN

1. Indonesia

Teman-teman mungkin sering mendengar berbagai julukan untuk Indonesia. Mulai dari Macan Asia, Negara Seribu Pulau, dan masih banyak lagi.

Namun, ada satu julukan Indonesia yang paling terkenal adalah The Emerald of the Equator yang artinya Zamrud Khatulistiwa.

Mengapa Indonesia diberi julukan ini? 

Hal itu ternyata disebabkan letak Indonesia yang berada di bawah garis khatulistiwa. Selain itu Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang memiliki hasil bumi yang melimpah.