Perbedaan Bahasa Iklan dengan Bahasa Sehari-hari, Materi Kelas 5 SD Tema 3

By Ikawati Sukarna, Kamis, 30 September 2021 | 12:33 WIB
Perbedaan antara bahasa sehari-hari dengan bahasa iklan. (Pixabay)

Bobo.id - Apakah teman-teman sering melihat iklan di rumah? Iklan bisa ditemukan di media massa, seperti majalah dan televisi.

Bagaimana penggunaan bahasa iklan dengan bahasa yang kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari?

Biasanya penggunaan kedua bahasa tersebut berbeda.

Dalam buku materi kelas 5 SD Tema 3, ada perintah untuk menentukan perbedaan bahasa iklan dan bahasa sehari-hari.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Apa Saja Unsur-Unsur Iklan di Media Massa?

Berikut ini akan dijelaskan kunci jawabannya.

Bahasa Iklan

Penggunaan bahasa iklan biasanya memiliki ciri tertentu. Hal ini dipakai untuk menunjukkan kelebihan barang atau benda yang sedang diiklankan.

Ciri-ciri bahasa iklan antara lain:

1. Bisa menggunakan bahasa formal dan non formal

Dalam iklan biasanya bahasa formal digunakan untuk jenis iklan media cetak, seperti majalah dan pamflet

Sedangkan bahasa nonformal biasanya digunakan untuk jenis iklan media elektronik.