5 Cara Merawat Kain Batik, Salah Satunya Jangan Dijemur di Bawah Sinar Matahari

By Thea Arnaiz, Sabtu, 2 Oktober 2021 | 19:07 WIB
Batik adalah warisan budaya bangsa, perawatan batik juga butuh cara khusus agar awet dan warnanya tetap tajam. (– ID 3422763/ pixabay)

 

Bobo.id - Batik adalah motif yang digambar pada kain dan diberi pewarnaan pada akhir pembuatan.

Batik dibuat dengan cairan malam yang panas agar bisa doileskan ke kain untuk membentuk pola.

Sekarang ini, batik bisa dibuat dengan cara ditulis yaitu masih tradisional, batik cap yaitu menggunakan lempengan besi yang sudah membentuk pola, dan campuran keduanya.

Batik adalah salah satu warisan budaya di Indonesia yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat.

Oleh karena itu, beberapa daerah di Indonesia mempunyai ciri khas motif yang berbeda-beda. Apakah teman-teman mempunyai produk batik di rumah?

Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 9 Subtema 3: Adakah Ciri Khas Motif Kain Batik yang Membedakan Antara Satu Daerah dengan Daerah Lain?

Batik bisa kita jadikan pakaian juga, tidak hanya lembaran kain. Namun, batik yang tidak dirawat dengan baik, tentu mudah luntur dan tidak menarik lagi.

Nah, untuk merawat batik agar warnanya tetap awet dan tahan lama ada tipsnya, lo. Apa saja tips merawat batik? Yuk, cari tahu berikut ini.

1. Cuci dengan Tangan

Mencuci batik cukup menggunakan tangan saja. Jangan pakai mesin cuci. Jika teman-teman menggunakan mesin cuci tentu akan merusak warna yang menempel pada kain batik.

Selain itu, hindari juga penggunaaan sikat. Cukup cuci lembut menggunakan tangan dan jangan terlalu keras memeras kain batik.